Mengatasi Masalah Samsung Botloop Di Flash Sukses Namun Masih Botloop

Mengatasi Masalah Samsung Botloop  Di Flash Sukses Namun Masih Botloop
Mengatasi Masalah Samsung Botloop  Di Flash Sukses Namun Masih Botloop. Kasus HP botloop namun  setelah di flash masih saja tetap botloop, sering saya alami sendiri dalam melakukan flashing. Nah untuk itu pada artikel berikut ini saya akan mencoba berbagi pengalaman  beberapa teknik dan cara mengatasi HP yang diflash namun masih tetap botloop. Akan tetapi terkadang saya sendiri terlalu dini untuk mengambil kesimpulan bahwa kerusakan tersebut adalah IC EMMC nya yang sudah lemah bahkan rusak dan harus diganti. Namun kembali lagi harga  IC EMMC masih mahal belum lagi User tentu akan keberatan jika HP yang di service harganya tidak sebanding dengan ongkos reparasinya. Berikut dibawah ini adalah langkah mengatasi HP botoop setelah diflash masih saja tetap botloop;
EMMC lemah bahkan rusak
Sebelum mengklaim eMMC rusak, pastikan bahwa baterai tidak kosong atau HP kehabisan baterai setelah proses flashing.
Mengetahui Apa itu eMMC
eMMC adalah  merupakan IC yang berfungsi sebagai media penyimpanan (Memory Internal) dan juga sebagai controller. Di dalam IC ini lah tersimpannya partisi seperti Bootloader, Recovery, System OS, Media Penyimpanan (Internal Storage), EFS dan beberapa partisi lainnya. Secara struktur, eMMC terdiri atas 2 bagian yaitu nand Flash IC dan Controller yang berfungsi untuk mengatur IC nand Flash tersebut. Nand Flash dan Controller ini menjadi satu kesatuan sehingga apabila bagian Nand flash rusak, maka Controller juga harus diganti. Sederhananya jika mengganti eMMC berarti mengganti nand Flash IC dan Controller (Processor).

Beberap hal  Menyebabkan eMMC Rusak
Penyebab lemah atau rusaknya eMMC bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya :
1.Sering mencharger/ngecas HP terlalu lama (lebih dari 3 atau 4 jam);
2.Salah memasang ROM atau Custom ROM yang tidak cocok dengan partisi aslinya;
3.Disebabkan karena sering memaksa melepas baterai pada saat HP kondisi hang atau stuck;
4.Terlalu sering melakukan flash
5.Dan masih banyak lagi

Berikut ini beberapa tanda Ciri-Ciri IC eMMC yang sudah Lemah atau Rusak
Tanda-tanda awal eMMC lemah sebagai berikut :
1.HP sering reboot sendiri / restart
2.HP panas panas yang berlebihan  atau macet / hank  padahal dalam pemakaiannya  normal
3.Terkadang HP mendadak mati sendiri dan harus dinyalakan kembali, namun mau hidup terkadang jika  dicolokin charger/ di cas.
4.Sering muncul tulisan  (the process android.process.acore has stopped unexpectedly) di layar HP saat membuka salah satu aplikasi,  atau “unfortunately app has stopped
5.Internal storage tidak terbaca (Unmount SD);
6.HP Sering mengalami hang/stuck padahal baru saja di flashing ulang dan tidak banyak aplikasi terpasang; dan
   
Berikut ini adalah Beberapa tanda lainnya IC EMMc Rusak/Corrupt  yang wajib kalian ketahui
1.Selalu gagal  saat proses flashing berlangsung
2.Flashing berjalan beberapa saat kemudian failed atau terhenti
3.Di Flash atau saat  Wipe Reset sukses namun  data tetap ada seperti semula
4.Proses flashing dapat berhasil dan sukses akan  tapi HP tetap tidak dapat menyala
5.Dan lain sebagainya
Nah jika HP kalian  mengalami salah satu atau beberapa hal yang kami terangkan di atas, ada baiknya mulai waspada. Dan hindari melakukan flashing lagi,  karena dikhawatirkan hal tersebut dapat menyebabkan saat  proses flash belum selesai, HP kalian  keburu mati. Jika IC eMMC sudah lemah atau mulai rusak, semua yang kamu ubah atau oprek akan kembali seperti semula lagi. Hal ini yang jadi penyebab mengapa proses flashing selesai dan sukses namun tetap saja HP kamu bootloop dan tidak bisa booting ke homescreen karena eMMC device kamu tidak bisa di write (ubah/hapus) lagi.

Beberapa Masalah Yang Terjadi Pada HP Xiaomi
1. Pada saat masuk mode fastboot masih bisa, dan saat proses flashing juga masih  sukses. Namun pada saat HP di  reboot/restart, HP menyala hingga muncul logo MI lalu bergetar dan mati ini terjadi terus menerus
2..Pada saat dicolokin Cas/charger, tidak ada notifikasi seperti lampu LED menyala hingga akhirnya HP mati total tidak mau booting, test point hingga kabel deep flash tidak ngefek sama sekali.
3.Sementara pada kasus yang lain, masih dapat masuk fastboot, namun jika HP dinyalakan hanya berhenti di logo Mi saja.  Dan tentu saja di  flashing ulang namun  tetap gagal dengan notifikasi  error partisi corrupt atau gagal mount.
4.Lalu kemudian di coba pasang TWRP ternyata berhasil, tapi pada saat proses Wipe & Reset, selalu gagal. Ketika dicolokin ke PC, terdeteksi sebagai Unknown devices.

Berikut ini Cara Mengecek IC EMMC
Jadi sebelum mengalami hal-hal di atas, sebaiknya cek terlebih dahulu bagaimana kondisi eMMC smartphone kamu saat ini. Gunakan aplikasi yang bisa kamu unduh melalui Google Play Store » eMMC Brickbug Check namun dengan syarat, smartphone kamu telah di-root. Untuk mengecek kondisi kesehatan eMMC, pilih menu Check Memory.Tunggu prosesnya hingga selesai dan lihat hasilnya dan Jika hasil test-nya Passed, berarti eMMC kamu masih sehat.

Jika mulai curiga eMMC lemah, sebaiknya lakukan langkah berikut :
Jika devices masih bisa masuk ke TWRP, coba lakukan Wipe & Reset; Jika proses flashing berhasil baik via fastboot ataupun mode EDL dan memilih opsi “flash_all/clean_all” tetap tidak menyala, sebaiknya jangan di flash lagi, coba ganti baterainya (bisa pinjam punya teman). Jika sudah mengganti baterai tidak juga bisa menyala, kemungkinan eMMC telah rusak.

Mengatasi Masalah Samsung Botloop  Di Flash Sukses Namun Masih Botloop.Berikut  solusinya, Bawa ke tukang service yang benar-benar paham untuk penggantian eMMC, jangan sampai kerusakan malah menjalar ke perangkat lainnyasemoga bermanfaat.